Skip to main content

Posts

Entri Populer

Apakah Gua Pedofil?

Kenapa ya bagi gua sulit banget kalo nggak ngelirik sama gadis yang cantik kalo ketemu secara gak sengaja?Gimana pun caranya, gua pasti cari cara biar bisa ngeliatin gadis yang cantik.Apakah itu normal? Atau karena nafsu gua yang gede?Kalo soal nafsu, menurut gua kagaklah. Soalnya, setiap gua ngeliat gadis yang cantik (bertemu secara langsung), gua kagak pernah membayangkan yang kagak2 terhadapnya.Hanya satu yang sering gua pikirkan. Apa itu?Gimanayarasanyakalobisadeketsamagadiscantikitu? Gimanarasanyajadipacarnyaya? Apakahguadangadisitubisamemilikihubungan yang baik?Apakah pikiran gua ini salah? Komen di bawah ya... :) Yang jadi masalahnya adalah ketika anak itu adalah seorang anak di bawah umur gua. Jauh banget.Anak remaja. SMP.Gua jadi canggung memikirkannya. Gua selalu berpikir,Gimanayakaloorang2taugua yang sudahberumur 24 menyukaiseoranggadis yang berumur 14 tahun?Apakahguaakandisebut pedofil?Hal ini yang sering membuat gua merasa bersalah ketika orang yang gua lirik adalah seora…
Recent posts

Catatan Les Privat Minggu 29 September 2019

Soal jumlah pertemuan, rinciannya sebagai berikut1. Jalan Maduma udah 5 kali (sebenarnya udah 6 kali, tapi karena 1 pertemuan cuma 1 jam Kamis lalu, gua gak ngitungnya. Lagipula nggak banyak yang gua ajarkan buat si anak SMA itu).2. Jalan Letkol GA Manullang. Untuk minggu kemarin (22 sd 28), hanya 1 kali pertemuan saja. Jadi totalnya, masih cuma 5 pertemuan sampai minggu ini. Soalnya dia lagi outbond.3. Pasaribu. Tiap hari masuk, tapi gua udah mulai bosan. Soalnya gua diminta cuman ngerjain PR mereka. Bukannya sulit. Tapi gua gak suka kalo mereka nggak nambah ilmunya selama gua ajarin. Memang sih gua akuin, gua masih pemula. Gua kagak tahu bagaimana mengajar yang benar. Gua jadi merasa bersalah ketika menerima duit ketika murid yang gua ajarin gak nambah ilmunya.Oh ya, ada satu tambahan lagi. Gua kemarin kan dapat banyak ebook yang bagus2. Tapi, gua jadi kagak fokus dibuatnya. Sehingga buku fisika yang udah gua pelajarin sampe Bab 3, gak sempat lagi gua pelajarin. Padahal, tempat gua …

Catatan Les Privat Minggu 22 September 2019

Catatan les privat kali ini adalah tentang jumlah pertemuan dan tentang perkembangan murid bimbingan gua.1. Manalu
Saya agak bingung mau ngajarin apa sebenarnya ke si anak SMP. Kemampuannya adalah di atas rata2. Tapi, kelemahannya adalah dia cuman belajar untuk ngerjakan tugas doank. Jadi, apa yang gua ajarin nggak akan memberikan dampak yang signifikan padanya. Aku jadi merasa bersalah apabila dia tidak mengalami perkembangan yang signifikan. Yang gua pengen dari adik ini adalah dia harus bisa belajar sendiri agar ia bisa lebih pintar lagi. Kemampuan dia mirip ke gua ketika SMP, punya potensi besar tapi kurang rajin.Sedangkan dengan abangnya, aku merasa abangnya mendapat hal yang signifikan terkhusus dalam bagian Kimia. Matematika2 akhir2 ini jarang kami bahas.Oh ya, jumlah pertemuan kami sudah 3 kali.2. Nainggolan
Dia memanggil Tulang sama gua, jadi dia bere gua. Bere gua ini, dia punya minat belajar. Hanya saja pemahaman dasarnya banyak bolongnya. Hampir 90%, materi pelajaran kelas…

Agar Saudara Kandung Harmonis

Film Lion yang kutonton barusan  dari negara India (2016) memberikan sebuah inspirasi bagiku setelah melihat kekompakan dua saudara abang adik.  Mereka kayaknya terpaut sekitar 4 tahun ke atas. Mereka berdua saling menyayangi, menjaga dan membantu. Aku sangat iri melihat keakraban mereka, sedangkan aku dan adikku tidaklah demikian.Bahkan aku dan adikku sangat jarang curhat. Apalagi sekarang ini setelah kami sudah mempunyai jalan pikiran masing2, hampir nggak pernah.Bertemu cuma sekedar bertanya hal biasa. Tidak pribadi. Hal umum saja, kayak bercakap dengan orang asing saja.Padahal, kalo aku bicara dengan orang lain, bisa lebih dalam dari pembicaraan aku dengan adik kandungku sendiri.Dari sini aku sadar kenapa hal itu terjadi. 'Mungkin' ini adalah alasan besarnya.Umur aku dengan adik-adikku tidak begitu jauh. Sedangkan aku dengan anak-anak orang terpaut sangat jauh. Paling sedikit 7 tahun. Aku sangat nyaman bicara dengan mereka, padahal mereka bukan saudara kandungku.Karena itu…

Catatan Les Privat Selasa 17 September 2019

Gua udah mengajar ke keluarga Manalu yang ada di jalan Maduma sebanyak 13 kali. Pada bulan September ini benar2 full. Hari Senin, Rabu, dan Kamis.Sedangkan ke keluarga Nainggolan yang ada di Jalan Letkol GA Manullang, sudah sebanyak 2 kali aja masih soalnya hari Jumat dan Sabtu kemarin, kami pergi ke Parsoburan untuk ziarah. Soalnya, ketika hari Kematian Yesus, kami belum melakukannya.(Aduh gimanalah nanti kata Lae itu ke gua? Dan misalnya waktu sebulan berlalu padahal kami masih belajar 2 kali aja masih?)Ke keluarga Nainggolan yang ada di Pasaribu benar2 full selama bulan September ini, hari Senin, Selasa, dan Kamis.

Curhatguasetelahngajar.Gua sedang ragu kalo2 mengajar privat ini akan segera berakhir. Soalnya, gua kayak nggak memberikan dampak yang signifikan kepada orang2 yang gua ajarin, kecuali ke anak SMA yang gua ajarin. Itupun, cuma pelajaran Kimia doank. Pelajaran Matematika yang seharusnya gua ajarin kagak memberikan dampak yang signifikan.Gua jadi merasa bersalah menerima du…

Kata 'Bijak' Tentang AKURAT

Menggunakan kata 'bijak' sebenarnya agak kurang mengenakkan hati saya tetapi hal itu saya lakukan karena tidak menemukan sinonim yang cocok untuk kata tersebut terkait apa yang akan saya tulis. OK, sekian dulu pembahasan judul. Anggap aja kita udah sama2 setuju tentang judulnya, kalo belom, berikan komentar di bawah ya...Kata bijak ini saya peroleh setelah saya membaca sebagian pelajaran Fisika  Kelas X tentang Besaran dan Satuan.Kalimat yang mengilhami saya ada dalam gambar di bawah.Apa rupanya isi dari kalimat bijak itu. Begini bunyinya.
Akuratitusebenarnyabukanlahtanpakesalahan, tetapimelakukankesalahan yang amatkecil.Jadi kalo dalam belajarmelakukankesalahanadalahHAL YANG BIASA. Tidakperludirisaukanatauditakutkan.BelajarberartiMelakukanSesuatuAgarKesalahan yang TerjadiSemakinKecil.
Begitulah bunyinya. Menurut loe, gimana kata bijak yang gua buat? Komen di bawah ya.

Jika Ibu Pergi

"Jika Ibu Pergi" Seperti judul yang bodoh ya. Mungkin saja memang bodoh. Hal ini terus kupikirkan. Tiap hari.Apa yang bakal terjadi pada keluarga kecil kami jika Ibu pergi atau tiada?Kata pertama yang muncul dalam pikiranku adalahKEHANCURANKeluarga kami akan hancur. Setiap dari diri kami akan pergi mengambil jalannya masing-masing. Tidak akan ada lagi yang peduli satu sama lain.Aku pasti melakukan itu.